news

2023-10-23

Do biodegradable bags break down in landfills?

Apakah kantong yang dapat terdegradasi dihancurkan di tempat pembuangan sampah?

Seruan untuk mengurangi sampah plastik telah menjadi semakin kuat dalam beberapa tahun terakhir, dengan berbagai langkah diambil untuk mengurangi penggunaan dan pembuangan plastik. Salah satu langkah yang telah diperkenalkan adalah penggunaan kantong yang dapat terdegradasi, yang diyakini akan terurai lebih cepat daripada kantong plastik biasa ketika ditinggalkan di tempat pembuangan sampah. Tetapi, apakah ini benar? Apakah kantong terdegradasi benar-benar terurai di tempat pembuangan sampah?

Untuk memahami apakah kantong terdegradasi benar-benar terurai di tempat pembuangan sampah, perlu memahami apa yang dimaksud dengan kantong terdegradasi dan bagaimana proses degradasinya terjadi.

Kantong yang dapat terdegradasi biasanya dibuat dari bahan seperti pati jagung atau pati kentang yang diperoleh dari sumber tanaman alami. Bahan ini telah diubah sedemikian rupa sehingga kantong yang dihasilkan memiliki kemampuan untuk terurai secara alami seiring waktu. Kantong ini bisa terurai dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, tergantung pada kondisi lingkungan.

Namun, penting untuk dipahami bahwa degradasi kantong terdegradasi terjadi secara efektif dalam kondisi alam yang kaya akan mikroorganisme yang dapat menguraikan bahan organik. Tempat pembuangan sampah, di sisi lain, tidak menyediakan kondisi yang ideal untuk degradasi kantong terdegradasi.

Di tempat pembuangan sampah, kantong terdegradasi sering terkubur di dalam tumpukan sampah padat yang memblokir akses cahaya matahari dan oksigen. Tanpa cahaya matahari dan oksigen, proses degradasi alami terhambat. Selain itu, kehadiran bahan non-biodegradable lainnya di tempat pembuangan sampah, seperti sampah rumah tangga biasa, dapat memperlambat proses degradasi kantong terdegradasi.

Sebagai hasilnya, kantong terdegradasi di tempat pembuangan sampah mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk terurai atau bahkan mungkin tidak terurai sama sekali. Jika kantong terdegradasi akhirnya terurai, ini mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun atau bahkan dekade. Beberapa ahli bahkan mencatat bahwa kantong terdegradasi mungkin hanya terurai sepenuhnya di tempat pembuangan sampah yang terkelola dengan baik, yang memberikan kondisi yang lebih baik untuk degradasi alami.

Tentu saja, ini tidak berarti bahwa kantong terdegradasi tidak memiliki manfaat. Meskipun mereka mungkin tidak terurai di tempat pembuangan sampah konvensional, mereka tetap lebih ramah lingkungan daripada kantong plastik biasa. Ini karena mereka terbuat dari bahan yang bersumber dari sumber tanaman alami, yang berarti mereka menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah selama proses produksi mereka dibandingkan dengan kantong plastik. Selain itu, jika kantong terdegradasi akhirnya mencapai lingkungan alami, mereka akan terurai secara alami dan tidak meninggalkan bekas pada lingkungan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kantong terdegradasi bukanlah solusi yang sempurna. Upaya lebih lanjut masih diperlukan untuk mengurangi penggunaan kantong secara keseluruhan dan mempromosikan alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti kantong kain yang dapat digunakan berulang kali.

Dalam kesimpulannya, meskipun kantong terdegradasi dapat terurai dalam kondisi yang sesuai, seperti di lingkungan alami yang kaya akan mikroorganisme yang dapat menguraikan bahan organik, mereka mungkin tidak terurai dengan cepat atau bahkan sama sekali di tempat pembuangan sampah. Oleh karena itu, pengurangan penggunaan kantong dan eksplorasi alternatif yang lebih ramah lingkungan tetap menjadi langkah penting untuk meminimalkan dampak sampah plastik pada lingkungan kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *