news

2023-10-23

Do compostable bags break down in landfills?

Apakah kantong kompos terurai di tempat pembuangan sampah?

Dalam upaya untuk mengurangi dampak negatif plastik pada lingkungan, banyak perusahaan telah memperkenalkan kantong kompos yang dinyatakan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Kantong kompos ini sering kali menjadi solusi yang dipegang harapan oleh banyak orang karena klaim bahwa kantong kompos adalah biodegradable atau terurai dengan sendirinya. Namun, penting untuk menjaga pemahaman yang jelas tentang apakah kantong kompos memang terurai di tempat pembuangan sampah.

Kantong kompos didesain untuk terurai melalui proses biodegradasi alami, yaitu mikroorganisme yang ada di tanah akan melakukan dekomposisi secara alami. Beberapa jenis kantong kompos terbuat dari bahan organik seperti pati jagung, gandum, atau sorghum, yang memungkinkan mereka terurai dengan cepat dan aman dalam kondisi kompos komersial atau rumah tangga yang benar. Akan tetapi, tempat pembuangan sampah tidak ideal untuk mendukung proses biodegradasi ini.

Tempat pembuangan sampah adalah lingkungan yang sangat tergantung pada kondisi anaerobik. Artinya, tidak ada atau sangat sedikit oksigen yang tersedia di dalamnya. Proses biodegradasi yang efisien memerlukan keberadaan oksigen agar mikroorganisme dapat berfungsi dengan baik. Dalam kondisi anaerobik yang ada di landfill, kantong kompos akan mengalami dekomposisi yang sangat lambat, bahkan bisa memakan waktu ratusan tahun agar benar-benar terurai.

Polemis di seputar keberlanjutan dan efektivitas kantong kompos juga berasal dari kantong terurai dan kantong yang biodegradable. Istilah-istilah ini sering kali digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan penting di antara keduanya. Kantong terurai berarti bahwa kantong tersebut akan sepenuhnya berubah menjadi zat tanah yang tidak beracun dan tidak meninggalkan bekas pada lingkungan, sedangkan kantong biodegradable dinyatakan akan terurai tetapi mungkin meninggalkan residu yang masih dapat mempengaruhi ekosistem. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari kantong kompos yang benar-benar terurai, bukan hanya terbuat dari bahan yang diperbolehkan untuk mengklaim "biodegradable".

Sementara beberapa landfill memiliki unit produksi gas metana yang mengambil keuntungan dari timbulan sampah yang menghasilkan gas tersebut, proses ini melibatkan pengondisian tertentu dan pemantauan yang ketat oleh operator landfill. Jumlah gas metana yang dihasilkan dari kantong kompos dalam landfill umumnya dianggap tidak signifikan dalam konteks produksi gas metana keseluruhan, karena komposisi kantong dan lingkungan anaerobik yang menghambat dekomposisi dengan cepat.

Namun, ini tidak berarti bahwa penggunaan kantong kompos sepenuhnya sia-sia atau tidak bermanfaat. Ketika kantong kompos ditempatkan di fasilitas kompos yang tepat, seperti fasilitas komunitas atau fasilitas komersial dengan sistem pengolahan yang sesuai, mereka dapat terurai dengan cepat dan memberikan manfaat bagi produksi kompos yang baik. Kompos yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Perlu juga diperhatikan bahwa penggunaan kantong kompos harus disesuaikan dengan kondisi lokal dan upaya pengurangan sampah secara keseluruhan. Mengutamakan penggunaan kantong kain atau membawa tas belanja sendiri adalah cara yang lebih berkelanjutan dan dapat mengurangi penggunaan kantong-plastik apa pun, termasuk kantong kompos. Jadi, sambil menghargai upaya pengurangan sampah dan perlindungan lingkungan, penting juga untuk tetap mempertimbangkan pilihan yang lebih baik secara keseluruhan.

Dalam kesimpulan, kantong kompos mungkin terbuat dari bahan yang dapat terurai, tetapi ini tidak berarti bahwa kantong tersebut akan terurai dengan cepat di tempat pembuangan sampah. Jika tidak ditempatkan di fasilitas kompos yang tepat, kantong kompos akan mengalami dekomposisi yang lambat dan mempengaruhi masa depan lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk lebih sadar dan memilih solusi yang lebih berkelanjutan secara keseluruhan untuk mengurangi dampak negatif plastik pada lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *