news

2023-10-24

Do plastic garbage bags decompose?

Apakah Kantong Plastik Sampah Terurai?

Kantong plastik sampah telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakannya di rumah, di tempat kerja, dan bahkan saat kita berbelanja. Namun, banyak dari kita tidak tahu apa yang terjadi pada kantong sampah plastik setelah kita menggunakannya. Apakah kantong plastik ini terurai atau harus kita persiapkan untuk tinggal di lingkungan kita selamanya?

Kita semua tahu bahwa plastik bukanlah bahan yang mudah terurai. Plastik terbuat dari bahan sintetis yang dikenal sebagai polimer, yang terdiri dari rantai panjang molekul-molekul plastik. Struktur ini memberikan kekuatan dan daya tahan kepada plastik, tetapi juga menimbulkan kendala besar jika kita mencoba untuk mempercepat kehancuran plastik ini.

Jika kita membuang kantong sampah plastik ke tempat pembuangan akhir biasa, perkiraan umum adalah bahwa kantong ini akan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Mengingat bahwa sekitar 500 miliar kantong plastik diproduksi setiap tahun di seluruh dunia, ini adalah berita yang sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan lingkungan kita.

Namun, kesalahan yang umum adalah menganggap bahwa semua plastik akan membutuhkan waktu yang sama untuk terurai. Ada beberapa jenis plastik yang lebih mudah terurai daripada yang lain, dan inilah keberuntungan kita.

Salah satu jenis plastik yang paling umum digunakan untuk membuat kantong sampah adalah polyethylene. Polyethylene adalah plastik yang cukup kuat, tetapi bisa terurai dengan lebih cepat daripada jenis plastik lainnya. Ada dua cara utama kantong plastik polyethylene terdekomposisi: melalui radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dan melalui oksidasi termal.

Radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat merusak ikatan kimia dalam struktur molekul plastik, yang menyebabkan plastik menjadi rapuh dan pecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil seiring waktu. Proses ini memungkinkan mikroorganisme dalam lingkungan seperti bakteri dan jamur untuk mencerna potongan-potongan kecil plastik lebih efisien.

Oksidasi termal adalah proses yang terjadi ketika plastik dipanaskan terus-menerus dalam keadaan teroksidasi. Panas dari oksidasi termal menyebabkan rantai molekul plastik menjadi lebih pendek dan lebih mudah terurai oleh mikroorganisme di lingkungan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa bahkan dengan bantuan radiasi UV dan oksidasi termal, proses penguraian plastik tetap membutuhkan waktu yang lama. Diperlukan waktu bertahun-tahun atau bahkan dekade untuk menguraikan sepotong kantong plastik menjadi elemen yang tidak berbahaya.

Selain itu, ada juga beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kecepatan penguraian plastik. Misalnya, kondisi lingkungan, seperti suhu dan kelembaban, dapat mempercepat atau memperlambat proses penguraian.

Namun, kita juga harus menyadari bahwa terlepas dari jenis plastik yang digunakan, beberapa kantong plastik mungkin tidak terurai sama sekali. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa beberapa kantong sampah plastik dibuat untuk bertahan lama dan menahan kerusakan akibat sinar UV dan suhu tinggi. Tipe kantung ini biasanya digunakan untuk penggunaan industri atau komersial.

Selain itu, masalah lainnya adalah bahwa kantong plastik yang tidak terurai dengan sempurna dapat berubah menjadi mikroplastik. Mikroplastik adalah partikel-partikel plastik kecil yang berukuran kurang dari 5 mm. Mikroplastik dapat masuk ke dalam rantai makanan dan mencemari air dan lahan. Ini merupakan ancaman serius bagi keanekaragaman hayati dan juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan manusia.

Menghadapi masalah serius ini, penting bagi kita untuk mengurangi penggunaan kantong sampah plastik dan mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, kantong kertas dapat digunakan sebagai pengganti plastik, karena kantong kertas terurai lebih cepat dan dapat didaur ulang menjadi produk baru. Selain itu, kantong kain yang dapat digunakan berulang kali juga merupakan alternatif yang baik.

Dalam kesimpulan, kantong sampah plastik tidak terurai dengan cepat. Namun, jenis plastik yang digunakan dalam kantong sampah, lingkungan, dan kondisi eksternal semua mempengaruhi kecepatan penguraian plastik. Meskipun ada beberapa metode penguraian, pilihan terbaik bagi kita adalah menghindari penggunaan kantong sampah plastik secara keseluruhan dan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan. Terus mendukung upaya menuju gaya hidup tanpa plastik akan membantu menjaga lingkungan kita dan masa depan generasi mendatang.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *