news

2023-10-25

Fachagentur Nachwachsende Rohstoffe

Fachagentur Nachwachsende Rohstoffe (FNR), atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai Agency for Renewable Resources, adalah lembaga yang berbasis di Jerman yang bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mempromosikan penggunaan sumber daya yang dapat diperbarui. Lembaga ini didirikan pada tahun 1993 dan sejak itu telah menjadi salah satu penelitian dan pengembangan terkemuka di bidang biomassa, bioenergi, dan bahan baku nabati.

Tujuan utama dari FNR adalah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan sumber daya yang tidak dapat diperbarui melalui pengembangan bahan bakar dan produk yang berasal dari sumber daya terbarukan. Misi lembaga ini adalah untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan dan ekonomi melalui penggunaan sumber daya alam yang lebih berkelanjutan.

FNR mendukung penelitian dan pengembangan, pengujian teknologi, dan transfer pengetahuan dalam berbagai bidang seperti energi bio, bahan kimia nabati, bahan bangunan nabati, biomaterial, dan biorafinasi. Lembaga ini bekerja sama dengan universitas, institusi penelitian, perusahaan, dan pemerintah dalam usaha untuk mencapai tujuan mereka.

Salah satu proyek yang sedang dikejar oleh FNR saat ini adalah pengembangan bahan bakar biodiesel berbasis lignoselulosa. Lignoselulosa adalah bahan yang ditemukan dalam tanaman seperti jerami, serat kayu, dan limbah pertanian lainnya. FNR ingin mengubah bahan ini menjadi bahan bakar yang dapat digunakan sebagai alternatif bagi bahan bakar diesel fosil yang tidak terbarukan.

Lembaga ini juga terlibat dalam pengembangan berbagai produk berbasis biomassa seperti plastik ramah lingkungan. FNR mendukung penelitian dan pengembangan teknologi untuk mengubah sumber daya nabati menjadi bahan baku untuk industri plastik. Dengan berkurangnya penggunaan plastik berbasis minyak bumi, FNR berharap dapat mengurangi dampak negatif industri plastik terhadap lingkungan.

Selain penelitian dan pengembangan, FNR juga berperan sebagai pusat informasi dan konsultasi bagi individu dan perusahaan yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan sumber daya terbarukan. Mereka menyediakan informasi mengenai teknologi terkini, peluang kerjasama, dan kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya terbarukan.

FNR juga aktif dalam mensosialisasikan manfaat penggunaan sumber daya terbarukan kepada masyarakat umum. Mereka mengadakan lokakarya, seminar, dan konferensi untuk berbagi pengetahuan dan informasi terkait dengan pengembangan dan aplikasi sumber daya terbarukan.

Secara keseluruhan, FNR adalah lembaga yang berdedikasi untuk mengembangkan penggunaan sumber daya terbarukan yang lebih berkelanjutan. Melalui penelitian, pengembangan teknologi, dan penyebaran informasi, mereka berperan sebagai penghubung antara akademisi, industri, dan pemerintah dalam upaya mencapai tujuan berkurangnya ketergantungan pada sumber daya yang tidak dapat diperbarui dan peningkatan keberlanjutan lingkungan dan ekonomi.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *