news

2023-10-25

Formlabs Form 3L SLA 3D Printer

Formlabs Form 3L adalah printer 3D berbasis SLA (Stereolithography) yang menawarkan solusi cetak yang cepat dan akurat untuk berbagai aplikasi industri. Printer ini merupakan versi yang ditingkatkan dari Form 2 dan memiliki kapasitas cetak yang jauh lebih besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Formlabs Form 3L dan fitur unggulannya.

Form 3L adalah printer 3D desktop dengan ukuran pangkalan cetak yang besar, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan produksi skala besar. Printer ini memungkinkan Anda mencetak objek dengan volume hingga 30 cm x 33,5 cm x 20 cm, yang menjadikannya pilihan ideal untuk mencetak prototipe besar atau berbagai bagian cetak industri.

Salah satu fitur unggulan dari Form 3L adalah teknologi Low Force Stereolithography (LFS). Teknologi ini memungkinkan printer untuk mencetak dengan kualitas yang tinggi dan akurat, sementara tetap menjaga kecepatan cetak yang tinggi dan waktu proses yang rendah. Teknologi LFS menggunakan pemampatan lembut dan pembalikan tangkas untuk mengurangi kekuatan pada objek cetak, yang menghasilkan permukaan yang lebih halus dan akurat.

Selain itu, Form 3L dilengkapi dengan Light Processing Unit (LPU) yang baru. LPU ini dirancang khusus untuk mencakup permukaan cetak yang lebih besar dan menghasilkan cahaya ultraviolet yang merata ke permukaan cetak. Hal ini memungkinkan pencetakan lapisan yang lebih tipis dan waktu siklus yang lebih cepat, tanpa mengorbankan kualitas objek cetak.

Form 3L juga dilengkapi dengan PreForm, perangkat lunak pra-cetak dari Formlabs yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mempersiapkan dan mengedit model cetak. Perangkat lunak ini mendukung berbagai format file 3D populer, sehingga Anda dapat dengan mudah mengimpor model cetak dan melihatnya dalam tampilan 3D sebelum mencetak. PreForm juga memiliki berbagai fitur seperti dukungan cetak otomatis dan alat perbaikan otomatis, yang mempercepat dan mempermudah proses persiapan cetak.

Keunggulan lain dari Form 3L adalah sistem tingkat kebisingan yang rendah. Printer ini dirancang dengan perhatian pada detail ergonomi, termasuk sistem pendinginan yang canggih untuk mengurangi kebisingan saat mencetak. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencetak objek dalam ruangan tanpa terganggu oleh suara yang bising.

Selain itu, Form 3L juga dilengkapi dengan sistem kontrol otomatis. Printer ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengkompensasi perubahan lingkungan yang mungkin mempengaruhi hasil cetak. Sistem ini mengukur kelembaban dan suhu ruangan secara real-time, dan menyesuaikan parameternya untuk memastikan keberhasilan cetak yang konsisten.

Form 3L merupakan solusi cetak 3D yang sangat menjanjikan untuk berbagai aplikasi industri. Dengan kecepatan cetak yang tinggi, kualitas cetak yang akurat, dan kapasitas cetak yang besar, printer ini sangat cocok untuk produksi skala besar, prototipe besar, maupun cetakan industri lainnya.

Dengan demikian, Formlabs Form 3L SLA 3D Printer adalah pilihan yang paling sesuai untuk kebutuhan cetak 3D industri yang membutuhkan kapasitas cetak besar, kecepatan cetak yang tinggi, dan kualitas cetak yang akurat. Dengan fitur-fitur unggulannya, printer ini menawarkan solusi cetak yang efisien dan andal untuk berbagai aplikasi industri.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *