news

2023-11-04

What are compostable ziplock bags made of?

Dalam usaha untuk mengurangi limbah plastik yang berlebihan di lingkungan, banyak perusahaan telah menciptakan alternatif ramah lingkungan untuk kantong plastik konvensional. Salah satu inovasi terkini dalam industri ini adalah kantong ziplock yang dapat terurai secara alami atau dikenal sebagai kantong ziplock kompos. Artikel ini akan menjelaskan tentang apa yang membuat kantong ziplock tersebut terurai dan bagaimana bahan-bahan tersebut bekerja.

Kantong ziplock kompos dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat terurai alami, yang disebut bahan bioplastik. Bahan-bahan ini adalah alternatif terbarukan untuk plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi. Kantong ziplock kompos biasanya terbuat dari beberapa jenis bahan bioplastik, seperti asam polilaktat (PLA), selulosa, pati nabati, atau campuran bahan-bahan tersebut.

Asam Polilaktat (PLA) adalah bahan bioplastik yang paling umum digunakan dalam pembuatan kantong ziplock kompos. PLA diproduksi dengan menggunakan jagung, gula tebu, atau pati nabati lainnya sebagai bahan baku. Bahan ini mengalami proses fermentasi yang mengubahnya menjadi produk akhir yang mirip dengan plastik konvensional. Namun, PLA tidak mengandung bahan berbahaya seperti bisfenol A (BPA) yang sering terdapat dalam plastik konvensional.

Selulosa adalah bahan lain yang digunakan dalam pembuatan kantong ziplock kompos. Selulosa adalah bahan yang ditemukan di dinding sel tanaman dan dapat diambil dari sumber alami seperti kayu atau alginat. Bahan ini biasanya digunakan dalam campuran dengan PLA atau pati nabati untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas kantong. Selulosa juga mudah terurai di dalam compost dan tidak meninggalkan residu berbahaya.

Pati nabati adalah bahan yang diambil dari sumber-sumber alami yang kaya akan pati, seperti jagung atau tapioka. Pati ini kemudian diubah menjadi produk akhir melalui proses kimia. Bahan pati nabati memiliki kekuatan dan kegunaan yang mirip dengan plastik konvensional, namun, kantong ziplock kompos yang terbuat dari pati nabati dapat diurai di dalam compost dan tidak berdampak negatif pada lingkungan.

Ketika kantong ziplock kompos ini dibuang ke dalam lumpur compost, mikroorganisme dalam tanah akan mulai memakan bahan bioplastik tersebut. Prosesnya melibatkan penguraian mikroba yang menghasilkan enzim yang memecah molekul bioplastik menjadi senyawa yang lebih sederhana, seperti air, karbon dioksida, dan biomassa. Hasil akhir dari proses ini adalah sisa-sisa organik yang berguna bagi tanah sebagai pupuk.

Namun, penting untuk diingat bahwa kantong ziplock kompos hanya akan terurai sepenuhnya jika dibuang di dalam kondisi compost yang tepat, seperti fasilitas pengomposan komersial atau rumah tangga yang memenuhi standar kompos. Ketika dibuang di tempat sampah biasa, kantong kompos masih akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai atau bahkan bisa tetap ada di dalam lingkungan tanpa terurai.

Dalam beberapa tahun terakhir, kantong ziplock kompos telah mendapatkan popularitas yang signifikan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk plastik konvensional. Mereka biasanya memiliki kualitas fisik yang hampir identik dengan kantong plastik konvensional, namun kantong kompos ini memberikan solusi yang lebih berkelanjutan untuk masalah limbah plastik. Dengan menggunakan bahan-bahan terurai alami, kantong ziplock kompos dapat membantu mengurangi dampak negatif plastik pada lingkungan dan mempromosikan siklus produksi yang lebih berkelanjutan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *