news

2023-11-04

What are the benefits of cornstarch bioplastic?

Bioplastik merupakan plastik yang terbuat dari sumber daya nabati dan memiliki kemampuan untuk terurai secara alami dalam waktu tertentu. Salah satu jenis bioplastik yang populer adalah bioplastik berbahan dasar pati jagung atau cornstarch. Bioplastik ini memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik sebagai alternatif untuk plastik konvensional. Artikel ini akan membahas mengenai manfaat dari bioplastik berbahan dasar pati jagung atau cornstarch.

Salah satu manfaat utama dari cornstarch bioplastic adalah pengurangan limbah plastik. Plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi memiliki keberlanjutan yang rendah dan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk terurai. Sebaliknya, bioplastik pati jagung dapat terurai dalam waktu yang lebih singkat, biasanya antara 3 hingga 6 bulan. Hal ini berarti bahwa penggunaan bioplastik akan mengurangi akumulasi limbah plastik yang sulit terurai di lahan pembuangan sampah dan lingkungan alam.

Selain itu, cornstarch bioplastic juga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Produksi plastik konvensional berbasis minyak bumi secara langsung berkontribusi terhadap peningkatan gas rumah kaca seperti karbon dioksida di atmosfer. Namun, bioplastik pati jagung menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah selama proses produksinya. Pati jagung yang digunakan sebagai bahan dasarnya adalah produk pertanian yang dapat diserbuki oleh alam dan mengurangi kebutuhan energi serta input kimia yang ekstrim yang biasanya terkait dengan produksi minyak bumi.

Keuntungan lain dari bioplastik berbahan dasar pati jagung adalah kemampuannya untuk didaur ulang. Plastik konvensional seringkali sulit didaur ulang karena terbuat dari campuran berbagai jenis bahan kimia yang sulit dipecah menjadi komponen yang dapat dipulihkan. Namun, bioplastik pati jagung jauh lebih mudah didaur ulang karena terbuat dari bahan dasar alami yang dapat terurai secara alami. Dalam siklus daur ulang, bioplastik ini dapat diurai dan dikomposkan kembali menjadi bahan organik tanah yang berguna.

Selanjutnya, cornstarch bioplastic juga memiliki manfaat dalam mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Sebagai sumber daya tak terbarukan, minyak bumi semakin jarang dan mahal. Oleh karena itu, menggantikan plastik konvensional dengan bioplastik berbahan dasar pati jagung merupakan alternatif yang menarik dalam mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Penggunaan pati jagung sebagai bahan dasar untuk bioplastik dapat membuka peluang untuk mengurangi keberlanjutan minyak bumi dan menciptakan ekonomi yang lebih berkelanjutan melalui pengembangan industri pati jagung.

Terakhir, bioplastik pati jagung juga memiliki manfaat dalam pengurangan dampak terhadap kehidupan laut dan lingkungan air. Limbah plastik, termasuk mikroplastik yang terbentuk dari degradasi plastik yang telah terurai menjadi partikel kecil, telah menjadi masalah serius bagi lautan dan lingkungan air. Bioplastik pati jagung memiliki kemampuan untuk terurai dengan cepat sehingga mengurangi risiko kontaminasi lingkungan air dengan mikroplastik. Hal ini penting untuk menjaga keberlanjutan dan keanekaragaman kehidupan laut serta perlindungan terhadap sumber daya air yang luas dan penting bagi kehidupan manusia.

Secara keseluruhan, cornstarch bioplastic menawarkan sejumlah manfaat penting. Dengan mengurangi limbah plastik dan emisi gas rumah kaca, kemampuan untuk didaur ulang, mengurangi ketergantungan pada minyak bumi, dan pengurangan dampak terhadap kehidupan laut dan lingkungan air, bioplastik berbahan dasar pati jagung menjanjikan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk plastik konvensional. Penggunaan bioplastik semacam ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan planet kita dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *