news

2023-11-05

What companies make compostable plastic?

Dalam beberapa dekade terakhir, kesadaran akan kerusakan lingkungan akibat limbah plastik semakin meningkat di seluruh dunia. Oleh karena itu, banyak perusahaan berinovasi untuk menghasilkan alternatif plastik yang lebih ramah lingkungan, salah satunya adalah plastik yang bisa terkomposisi. Plastik terkomposisi, juga dikenal sebagai bioplastik, adalah jenis plastik yang dapat diurai oleh proses alami dalam waktu tertentu. Artikel ini akan membahas beberapa perusahaan yang memproduksi plastik terkomposisi dan mengapa hal ini penting untuk masa depan bumi kita.

Salah satu perusahaan terkemuka dalam bidang bioplastik adalah NatureWorks LLC. NatureWorks adalah produsen terkemuka asal Amerika Serikat yang menghasilkan polimer alifatik patsia (PLA), jenis bioplastik yang terbuat dari bahan dasar seperti jagung. PLA adalah alternatif plastik yang ramah lingkungan karena dapat terurai secara alami melalui kompos atau proses daur ulang. NatureWorks telah berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dan menggantikan plastik konvensional yang berasal dari sumber fosil. Perusahaan ini telah mengembangkan berbagai produk bioplastik, termasuk gelas, botol, kemasan makanan, dan serat tekstil.

Perusahaan lain yang ikut berperan dalam produksi bioplastik adalah BASF, perusahaan kimia multinasional yang berbasis di Jerman. BASF telah meluncurkan merek ecovio®, yang merupakan bioplastik berbasis PLA dan polimer biokompatibel. Ecovio® adalah berbagai produk yang dapat terkomposisi, seperti tas belanja, mulch, dan kemasan makanan. Menggunakan bioplastik ini dapat mengurangi penggunaan plastik konvensional yang tidak dapat terurai dalam waktu yang lama, yang berkontribusi pada permasalahan sampah plastik di lautan kita.

Perusahaan lain yang patut disebutkan adalah FKuR Kunststoff GmbH, perusahaan Jerman yang mengkhususkan diri dalam produksi bioplastik dan biokopolimer. FKuR menawarkan berbagai produk bioplastik untuk aplikasi yang berbeda, termasuk kemasan makanan, tas belanja, film, dan bahan cetak 3D. Mereka menggunakan bahan baku seperti pati nabati, serat kayu, dan minyak nabati untuk menghasilkan produk yang dapat terkomposisi. Selain itu, FKuR menyediakan biopolimer seperti polilaktida (PLA), polyhydroxyalkanoates (PHA), dan yang lainnya, untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri.

Sebagai tambahan, beberapa perusahaan besar seperti Coca-Cola, Danone, dan Nestlé juga telah bergabung dengan perangkat untuk membuat plastik terkomposisi. Mereka bekerja sama dalam Iniative Cross-Value Chain, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mempercepat inovasi dan penerapan plastik terkomposisi di seluruh rantai pasokan mereka. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk menciptakan kondisi pasar yang baik dan menjadikan plastik terkomposisi sebagai norma dalam industri kemasan. Melalui kerjasama ini, perusahaan-perusahaan ini berharap dapat mengurangi limbah plastik dan beralih ke solusi yang lebih berkelanjutan.

Produksi dan penggunaan plastik terkomposisi sangat penting untuk mengurangi dampak lingkungan negatif dari limbah plastik yang tidak dapat terurai. Dengan memilih bahan yang dapat terkomposisi, kita dapat menghindari polusi plastik jangka panjang dan membantu menjaga alam kita tetap sehat. Meskipun masih ada beberapa tantangan dalam produksi dan daur ulang bioplastik, perusahaan-perusahaan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengembangkan solusi yang ramah lingkungan.

Dalam kesimpulan, banyak perusahaan yang berperan dalam produksi plastik terkomposisi. NatureWorks, BASF, FKuR, dan perusahaan-perusahaan lainnya telah menghasilkan bioplastik yang dapat terurai secara alami. Selain itu, beberapa perusahaan besar telah bergabung untuk menciptakan pasar yang baik untuk plastik terkomposisi. Upaya ini menjadi langkah penting dalam mengurangi limbah plastik dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari. Sebagai konsumen, kita juga dapat melakukan bagian kita dengan memilih produk-produk yang menggunakan plastik terkomposisi. Dengan kerja sama antara industri, pemerintah, dan konsumen, kita dapat menuju masa depan yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *