news

2023-11-07

What qualifies something as compostable?

Apa yang Memenuhi Syarat sebagai Kompos?

Dalam upaya untuk mengurangi dampak negatif kita terhadap lingkungan, semakin banyak orang berusaha memilih produk yang ramah lingkungan. Salah satu jenis produk yang semakin populer adalah yang dapat terurai atau kompos. Namun, apa yang memenuhi syarat sebagai kompos? Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang memenuhi syarat sebagai kompos dan mengapa ini penting bagi lingkungan.

Secara sederhana, sesuatu yang dapat disebut sebagai kompos adalah barang yang dapat terurai secara alami dan kembali menjadi tanah yang berguna. Meskipun ini terdengar sederhana, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk memastikan bahwa suatu produk benar-benar kompos.

Pertama-tama, kompos harus terbuat dari bahan organik. Bahan organik adalah semua bahan yang berasal dari organisme hidup dan dapat terurai oleh mikroorganisme. Ini dapat mencakup bahan seperti sisa makanan, daun, rumput, ranting, tandan kelapa sawit, dan banyak lagi. Namun, itu bukan berarti semua bahan organik cocok untuk menjadi kompos. Misalnya, bahan organik seperti daging dan produk susu, meskipun terurai secara alami, tidak disarankan untuk digunakan dalam kompos karena mereka dapat menarik hewan berbahaya atau menjadikan kompos berbau busuk. Jadi, bahan organik yang baik untuk kompos meliputi bahan nabati, bahan hijau, dan sisa-sisa tumbuhan.

Selain itu, bahan organik harus dapat terurai dalam waktu yang wajar. Ini berarti bahwa mereka harus dapat terurai dengan cepat dan tidak meninggalkan residu berbahaya di tanah. Beberapa bahan organik, seperti ranting atau tandan kelapa sawit, dapat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai. Namun, mereka masih dianggap layak untuk digunakan sebagai kompos karena mereka akhirnya akan memperkaya tanah. Di sisi lain, beberapa bahan organik seperti plastik bio lebih cepat terurai tetapi meninggalkan residu yang berbahaya dan, oleh karena itu, tidak cocok untuk menjadi kompos.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi apakah sesuatu memenuhi syarat sebagai kompos. Salah satunya adalah tingkat keasaman atau pH. Kompos yang baik harus memiliki pH netral untuk mendukung perkembangan mikroorganisme. pH netral berkisar antara 6 hingga 8. Jika pH terlalu rendah atau terlalu tinggi, itu dapat menghambat dekomposisi.

Selanjutnya, kompos juga harus mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman. Setelah mikroorganisme mendekomposisi bahan organik, kompos tersebut akan mengandung zat-zat seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Dengan menggunakan kompos yang mengandung nutrisi ini, kita dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Bagaimana dengan kemasan atau produk yang mengklaim sebagai komposable (dapat terurai secara alami)? Kemasan seperti ini harus memenuhi standar internasional untuk diklasifikasikan sebagai komposable. Standar ini sering didefinisikan oleh organisasi seperti American Society for Testing and Materials (ASTM) dan European Committee for Standardization (CEN). Produk komposable juga dapat memiliki logo atau label yang menunjukkan bahwa mereka sesuai dengan standar komposable tertentu.

Dalam kesimpulan, kompos adalah barang yang terbuat dari bahan organik yang dapat terurai secara alami dan kembali menjadi tanah yang berguna. Untuk memenuhi syarat sebagai kompos, bahan organik harus dapat terurai dengan cepat dan tidak meninggalkan residu berbahaya di tanah. Mereka juga harus memiliki pH netral dan mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman. Ketika memilih produk yang dapat terurai, penting untuk memeriksa apakah mereka memenuhi standar internasional untuk klasifikasi komposable. Dengan memilih produk yang sesuai sebagai komposables, kita dapat membantu mengurangi dampak negatif kita terhadap lingkungan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *