news

2023-11-13

is pla compostable at home

Apakah PLA (Polylactic Acid) Dapat Dikompos di Rumah?

Polylactic Acid (PLA) adalah jenis plastik yang sering digunakan dalam industri makanan dan minuman. PLA diproduksi dari sumber alami seperti jagung, umbi kentang, atau singkong, menjadikannya alternatif "ramah lingkungan" dibandingkan dengan plastik konvensional yang berasal dari minyak bumi. PLA sering dianggap sebagai salah satu jenis plastik yang lebih mudah terurai.

Salah satu pertanyaan umum tentang PLA adalah apakah bahan ini dapat dikompos di rumah. Mengingat PLA terbuat dari bahan alami, mungkin logis untuk mengasumsikan bahwa PLA dapat terurai secara organik dalam kondisi kompos rumah tangga. Namun, jawabannya tidaklah sederhana.

PLA biasanya diperlakukan seperti plastik buangan biasa dan dikirim ke fasilitas daur ulang yang khusus. Meskipun demikian, beberapa produsen dan ahli lingkungan mempromosikan PLA sebagai sebuah pilihan yang dapat dikompos di rumah. Tujuan dari feminisasi ini adalah menciptakan alternatif plastik yang benar-benar bebas dari polutan yang dapat mengancam lingkungan.

Proses kompos yang tepat melibatkan mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur. Mikroorganisme ini menguraikan bahan organik menjadi kompos yang digunakan sebagai pupuk untuk kebun atau tanaman lainnya. Proses ini menghasilkan panas yang tinggi, kondisi asam, dan lingkungan yang memungkinkan mikroorganisme bekerja secara efektif.

Namun, kompos rumah tangga biasanya tidak mencapai kondisi dan suhu yang dibutuhkan untuk mengurai PLA secara efektif. Kompos rumah tangga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai dekomposisi penuh, biasanya berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Dalam kondisi ini, PLA mungkin tidak terurai sepenuhnya dan dapat menghasilkan residu yang tidak diinginkan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa beberapa produsen PLA mengklaim bahwa bahan mereka dapat terurai di rumah dalam waktu yang relatif singkat, seperti 60 hingga 180 hari. Namun, klaim semacam ini masih diperdebatkan dan memerlukan lebih banyak bukti ilmiah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa PLA belum sepenuhnya terurai dalam waktu yang dijanjikan oleh produsen.

Sebagai alternatif terhadap kompos rumah tangga, ada pilihan untuk mengirim PLA kepada fasilitas daur ulang yang khusus. Di fasilitas daur ulang, PLA dapat diperlakukan dan diproses secara tepat, memungkinkan bahan ini digunakan kembali untuk berbagai aplikasi industri.

Bahkan jika PLA memiliki kemampuan untuk terurai di rumah, tidak selalu dianjurkan untuk melakukannya. Kompos rumah tangga yang tidak diatur dengan baik dapat memicu bau yang tidak sedap, menjadikannya lingkungan yang tidak menyenangkan untuk tinggal. Selain itu, jika PLA tidak terurai sepenuhnya, residu yang tidak diinginkan dapat berakhir di tanah atau air tanah, menyebabkan polusi.

Jadi, bagaimana sebaiknya kita memperlakukan PLA? Dalam banyak kasus, pengiriman PLA ke fasilitas daur ulang yang khusus masih dianggap sebagai cara terbaik untuk memastikan bahwa bahan ini benar-benar digunakan kembali atau ditermpilkan dengan benar. Proses daur ulang meminimalkan dampak lingkungan dan membantu mengurangi penggunaan bahan dari minyak bumi.

Pada akhirnya, PLA tetap merupakan alternatif yang lebih baik daripada plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi. Ketersediaan PLA yang semakin meningkat juga memberikan peluang bagi produsen untuk menciptakan inovasi lebih lanjut dalam penggunaan bahan ini. Namun, penting untuk tetap memahami batasan dan realitas seputar komposisi PLA rumah tangga yang efektif.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *