news

2023-11-14

report inappropriate content on google

Dalam era digital saat ini, akses internet semakin mudah dan melekat pada kehidupan sehari-hari kita. Melalui internet, kita dapat mengakses berbagai informasi serta terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Di sisi lain, kemajuan teknologi ini juga membawa dampak negatif, khususnya dengan adanya konten yang tidak pantas atau tidak sesuai dengan norma-norma yang ada.

Salah satu platform yang paling populer dan sering digunakan adalah Google. Google adalah mesin pencari yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia untuk mencari informasi. Meskipun Google berusaha untuk menyaring konten yang tidak pantas, namun tidak bisa dihindari bahwa ada beberapa konten yang masih lolos.

Mengekspresikan keprihatinan kita tentang konten yang tidak pantas yang muncul di Google adalah tindakan yang sangat penting. Karena itu, Google menyediakan mekanisme pelaporan untuk membantu pengguna melaporkan konten yang tidak pantas. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara melaporkan konten yang tidak pantas di Google.

Salah satu caranya adalah dengan melaporkannya melalui Google SafeSearch. Google SafeSearch adalah fitur yang dapat membantu memblokir gambar, video, atau hasil pencarian lainnya yang tidak pantas atau berpotensi berbahaya bagi anak-anak dan remaja. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat memfilter hasil pencarianmu dan melindungi diri dari konten yang tidak sesuai.

Untuk menggunakan Google SafeSearch, pertama-tama, bukalah halaman pencarian Google. Kemudian, di pojok kanan atas layar, klik pada ikon gambar . Pada menu yang muncul, cari opsi "Settings" dan klik di sana. Setelahnya, di halaman pengaturan, cari dan klik pada opsi "Search settings". Di dalam halaman pengaturan pencarian, gulir ke bawah hingga menemukan bagian "SafeSearch filters" dan centang kotak yang ada di sebelahnya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengklik tombol "Save" di bagian bawah halaman.

Jika kamu menemukan konten yang tidak pantas meskipun sudah menggunakan fitur SafeSearch, langkah selanjutnya adalah melaporkan konten tersebut kepada Google. Salah satu cara melaporkannya adalah dengan menggunakan fitur "Report a problem" yang tersedia di halaman pencarian Google. Untuk melakukannya, cari konten yang ingin kamu laporkan dan klik pada ikon titik tiga di sebelah kanan hasil pencarian. Pada menu yang muncul, cari opsi "Send feedback" dan klik di sana. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman "Report a problem" di mana kamu dapat menjelaskan masalah yang kamu temui. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang spesifik dan detail mengenai konten yang ingin kamu laporkan.

Selain melalui fitur "Report a problem", kamu juga dapat melaporkan konten yang tidak pantas melalui platform resmi Google yang disebut dengan Google My Business. Google My Business adalah platform yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola dan memperbarui informasi bisnis mereka di layanan Google. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk melaporkan konten yang tidak pantas.

Untuk melaporkan konten yang tidak pantas melalui Google My Business, kunjungi halaman utama Google My Business dan cari tombol "Support" yang ada di pojok kanan bawah layar. Klik tombol tersebut, maka akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi "Report inappropriate reviews or photos" untuk melaporkan konten yang tidak pantas. Isi formulir yang disediakan dengan informasi yang relevan dan kirimkan laporan tersebut kepada Google.

Menggunakan fitur "Report a problem" dan Google My Business adalah dua dari beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melaporkan konten yang tidak pantas di Google. Namun, penting untuk diingat bahwa melaporkan konten yang tidak pantas hanyalah langkah awal. Google memiliki tim yang berdedikasi untuk meninjau laporan dan mengambil tindakan yang diperlukan. Namun, terkadang penghapusan konten tersebut memerlukan waktu, terutama jika konten tersebut kompleks atau jika terdapat perdebatan tentang kecocokan konten. Oleh karena itu, penting untuk tetap bertanggung jawab pribadi dan memastikan bahwa kita menggunakan internet dengan bijak.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pentingnya melaporkan konten yang tidak pantas di Google. Melalui fitur SafeSearch dan mekanisme pelaporan yang tersedia, pengguna dapat berperan dalam membersihkan internet dan menjaga lingkungan online yang lebih aman dan nyaman. Semoga dengan adanya kesadaran dan tindakan ini, kita dapat terus membangun internet yang lebih baik di masa depan.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *