news

2023-10-21

Biome Bioplastics Limited

Biome Bioplastics Limited: Menghadapi Era Plastik Berkelanjutan

Pada saat ini, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masalah perubahan iklim dan pencemaran lingkungan semakin menjadi perhatian utama dunia. Salah satu pemicu utama perubahan iklim dan pencemaran lingkungan adalah penggunaan plastik konvensional yang sulit terurai di alam. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, Biome Bioplastics Limited adalah perusahaan yang mendukung gerakan untuk menciptakan dan menggunakan bahan plastik yang lebih berkelanjutan.

Biome Bioplastics Limited didirikan pada tahun 2006 di Southhampton, Inggris, dengan visi untuk mengembangkan bahan plastik yang ramah lingkungan dan dapat terurai dengan cepat setelah diolah. Misi mereka adalah untuk menyediakan solusi plastik berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya terbarukan, seperti tanaman dan mikroorganisme, sebagai bahan dasar pembuatannya.

Salah satu inovasi penting dari Biome Bioplastics Limited adalah pengembangan teknologi yang memungkinkan produksi plastik berbasis biomassa. Plastik berbasis biomassa dibuat dari bahan dasar yang dapat diperbaharui seperti jagung, singkong, dan tebu. Sumber daya ini dapat diperbaharui secara alami dan lebih ramah lingkungan dibandingkan minyak bumi yang digunakan dalam produksi plastik konvensional. Selain itu, plastik berbasis biomassa dapat terurai secara alami dalam waktu yang relatif singkat, mengurangi dampak negatif mereka pada alam.

Biome Bioplastics Limited juga mendorong pengembangan dan penggunaan bahan plastik yang dapat terurai kompos. Plastik kompos adalah jenis plastik yang dapat terurai dalam kondisi kompos karena telah dirancang agar bisa dipecah oleh mikroorganisme yang ada dalam proses pengomposan. Dengan adanya plastik kompos, limbah plastik tidak akan terakumulasi di tempat pembuangan akhir, melainkan akan diolah menjadi kompos yang berguna bagi pertanian dan lingkungan lainnya.

Selain itu, Biome Bioplastics Limited juga mengembangkan bahan alternatif yang dapat menggantikan bahan plastik konvensional dalam berbagai aplikasi industri. Contohnya adalah pengembangan biopolimer lignin yang dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk menggantikan bahan plastik konvensional yang terbuat dari minyak bumi. Lignin adalah salah satu komponen utama dalam proses penciptaan kayu. Dengan menggunakan lignin sebagai bahan dasar pembuatan plastik, Biome Bioplastics Limited dapat mengurangi ketergantungan pada minyak bumi dan menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan.

Sejak didirikan, Biome Bioplastics Limited telah berkomitmen untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang intensif dalam upaya menciptakan solusi plastik berkelanjutan. Mereka bekerja sama dengan berbagai universitas, institusi riset, dan sektor industri lainnya untuk mengembangkan bahan dan produk yang lebih ramah lingkungan. Salah satu contoh kolaborasi mereka adalah dalam pengembangan plastik berbasis lignin yang saat ini sedang diuji coba untuk aplikasi dalam pembuatan kemasan dan produk konsumen.

Komitmen Biome Bioplastics Limited terhadap keberlanjutan juga tercermin dalam praktek mereka dalam mengelola rantai pasokan mereka. Mereka bekerja sama dengan petani dan produsen lokal untuk memastikan bahwa bahan baku mereka diperoleh secara bertanggung jawab dan sesuai dengan prinsip-prinsip keberlanjutan. Selain itu, mereka juga terus berupaya untuk mengurangi jejak karbon mereka dengan mengoptimalkan efisiensi produksi dan penggunaan energi.

Biome Bioplastics Limited telah mengambil peran yang signifikan dalam menghadapi tantangan plastik konvensional melalui inovasi dan pengembangan bahan plastik yang lebih ramah lingkungan. Melalui produk mereka, mereka berusaha untuk mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan dan mendorong penggunaan plastik berkelanjutan di berbagai sektor industri. Dengan komitmen mereka, Biome Bioplastics Limited telah membuktikan bahwa plastik berkelanjutan adalah pilihan yang layak dan dapat menjadi solusi untuk masa depan yang lebih baik bagi planet kita.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *