news

2023-10-21

Can you put compostable bags in food waste?

Apakah Dapat Meletakkan Kantong Kompos di Sampah Makanan?

Kantong kompos yang terbuat dari bahan-bahan terurai secara alami semakin populer karena keuntungan lingkungan yang ditawarkannya. Mereka dirancang untuk memecah menjadi bahan organik dalam kondisi tempat kompos terkendali, seperti tumpukan kompos di halaman belakang atau dalam fasilitas pengomposan komersial. Meskipun demikian, pertanyaanya adalah, apakah kita bisa meletakkan kantong kompos di sampah makanan?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, penting untuk membedakan kantong kompos dengan kantong plastik biasa. Kantong plastik biasa terbuat dari bahan-bahan seperti plastik polietilen atau polipropilen, yang tidak dapat terurai secara alami. Kantong kompos, di sisi lain, terbuat dari bahan alami seperti pati jagung, pati kentang, atau serat tanaman, yang memungkinkan mereka terurai menjadi bahan organik.

Dalam beberapa komunitas, kantong kompos telah menjadi bagian dari program pengelolaan sampah makanan yang dicanangkan oleh pemerintah setempat. Program ini memungkinkan penggunaan kantong kompos sebagai wadah untuk membuang sisa makanan dan kantong kompos kemudian akan diurus dalam fasilitas pengomposan yang sesuai. Ide di balik penggunaan kantong kompos dalam program ini adalah agar sebagian besar sampah makanan yang dihasilkan dapat diubah menjadi pupuk organik yang berguna, sementara mengurangi jumlah plastik yang mencemari lingkungan.

Namun, meskipun kantong kompos tampak ideal sebagai wadah pembungkus untuk sampah makanan, tidak semua fasilitas pengomposan atau tumpukan kompos dapat memecahnya. Beberapa fasilitas pengomposan komersial, dalam upaya untuk menjaga kondisi optimal untuk menghasilkan kompos berkualitas tinggi, mungkin menggunakan suhu yang terlalu tinggi atau prosedur lainnya yang tidak cocok untuk memecah kantong kompos. Selain itu, komunitas yang menggunakan sistem pengambilan sampah perkotaan mungkin tidak memiliki infrastruktur yang sesuai untuk membedakan antara kantong kompos yang terurai dengan plastik konvensional.

Oleh karena itu, penting untuk memahami persyaratan sistem pengomposan lokal Anda sebelum memutuskan untuk menggunakan kantong kompos dalam sampah makanan. Beberapa sistem pengomposan mungkin menerima kantong kompos, sementara yang lain mungkin tidak. Jika Anda tidak yakin, jangan ragu untuk menghubungi otoritas lingkungan setempat atau pihak yang bertanggung jawab atas pengelolaan sampah di komunitas Anda.

Alternatif lain untuk membuang sampah makanan adalah dengan menggunakan kantong kompos dalam tumpukan kompos yang Anda kelola sendiri di halaman belakang. Dalam kasus ini, Anda memiliki kendali penuh atas kondisi tumpukan kompos, termasuk suhu dan tingkat kelembaban. Anda dapat memastikan bahwa kondisi optimal dipertahankan untuk memecah kantong kompos dan menghasilkan kompos yang baik. Namun demikian, masih penting untuk menggunakan kantong kompos yang terbuat dari bahan-bahan yang benar-benar terurai secara alami, dan bukan kantong plastik biasa.

Terlepas dari apakah Anda dapat meletakkan kantong kompos di sampah makanan atau tidak, penting untuk tetap mempraktikkan pengurangan limbah dan daur ulang plastik sebanyak mungkin. Jika Anda dapat menggunakan kantong kain yang dapat digunakan kembali atau kantong plastik yang dapat didaur ulang sebagai alternatif untuk membungkus sampah makanan, itu dapat menjadi kontribusi yang lebih baik bagi lingkungan.

Secara keseluruhan, apakah Anda dapat meletakkan kantong kompos di sampah makanan tergantung pada sistem pengomposan dan praktik daur ulang yang ada di masyarakat Anda. Penting untuk memahami persyaratan lokal sebelum memutuskan untuk menggunakan kantong kompos, dan jika tidak yakin, selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan otoritas lingkungan setempat.

message

Take a minute to fill in your message!

Please enter your comments *